Senin, 24 Agustus 2015

Filled Under:

Bagaimana Cara Menambah Follower Twitter?

Share


Enggak bisa ditampik kalau media sosial udah menjadi kebutuhan sehari-hari seperti makanan. Bangun tidur yang pertama diliat hape, pisah beberapa jam aja dari medsos udah kelabakan kayak ditinggal pacar, sebelum tidur pun rasanya enggak klop kalau enggak sekali lagi melirik medsos. Salah satu medsos yang banyak dipakai adalah Twitter. 

Banyak alasan kenapa seseorang termasuk aku dan kamu menginginkan atau butuh follower banyak. Bisa jadi karena keinginan untuk berbagi manfaat dan pengetahuan, bisa juga karena tuntutan pekerjaan--sebagai buzzer, misalnya--atau karena suka berinteraksi dan berteman dengan banyak orang juga mendapat perhatian mereka.

Biar followers banyak, sekarang ada cara super gampangnya, bisa beli atau pakai sejenis aplikasi gitulah. Tapi saya kurang ngerti yang begituan, soalnya enggak pernah praktekin. Ada juga cara-cara dapetin followers dengan cara lain yang lebih jujur. Meskipun followers twitter saya enggak begitu banyak, tapi ini saya nekad aja mau sharing cara menambah followers XD 

Tipsnya:

1. Buat quotes bijak atau galau

Sering-sering aja ngetwit quotes bijak. Bisa ngambil dari buku yang kamu baca, bisa datang dari diri sendiri. Tapi kalau kamu ngambil dari buku atau bacaan lain, jangan lupa ya cantumkan sumbernya. Berhubung twitter ini sedikit karakternya, bisa cukup judulnya aja. Selalu aja inget bijak itu enggak ngebajak ^_^
Kalau enggak suka yang bijak-bijak, kamu bisa ngetwit yang galau-galau. Kata-kata galau melow itu biasanya disukai karena ngena di hati. 

Contoh twit kata (agak) bijak







Contoh twit galau



2. Sharing tip bermanfaat
Orang suka mem-follow akun-akun yang memberi mereka pengetahuan dan manfaat. Karena itu kamu bisa bikin kultwit tentang tips yang kamu kuasai dan ketahui. Bisa juga kultwit ini kamu sambungkan dengan medsosmu yang lain. Misalnya kultwit tentang cara memutihkan gigi, beberapa tips kamu kultwitkan, kelanjutannya kamu beri followers link blog kamu yang memuat pembahasan tema itu secara lengkap. Ngetwit sharing tip di jam-jam prime time pasti banyak yang baca dan adalah yang nyangkut di-RT-in. Jam prime time itu antara pagi hari sekitar 7-9 ketika orang-orang baru masuk kantor dan belum memulai kerja, jadi sambil nunggu mood biasanya buka-buka dulu medsos. Lalu jam 12 siang sampai jam satu saat istirahat kantor, dan jam malamnya 7-10 saat orang lain bersantai dan bersiap tidur.

Contoh twit tips


Contoh twit sharing di blog


3. Bikin kuis
Yang ini cara paling gampang dapet followers, adain kuis dengan syarat mem-follow akun kamu. Sehari aja kamu bisa dapetin puluhan followers. Tapi namanya juga pakai cara instan, biasanya banyak juga yang setelah pemenang kuis diumumkan, followers pada kabur lagi. Cara ini sangat jarang saya pakai. Kalaupun di blog saya lagi ada kuis, biasanya enggak saya wajibkan untuk mem-follow saya, soalnya saya anaknya baperan, suka sedih liat orang-orang unfollow :')
Buat kamu yang ingin mempraktikan cara ini tapi bingung dari mana dapet hadiahnya, kamu bisa ngajak kerja sama orang--semisal penulis--atau suatu usaha--semisal olshop.
Ambilan contoh penulis, kamu bisa barter hadiah dengan mengadakan twit interview di akunmu. Ini simbiosis mutualisme, kalian sama-sama saling mempromosikan. Percaya deh, banyak yang mau kerja sama model gini. Apalagi kalau kamu enggak itungan, selepas kuis kamu masih suka cerita produknya di twitter, pasti kerjasamanya panjang dan baik.

Contoh kerjasama kuis


4. Curhat
Sesekali curhat di twit enggak apa-apa, orang juga suka nyimak curhatan seseorang kok. Apalagi kalau isi curhatnya related sama kehidupan mereka.

Contoh twit curhat


5. Sering-sering nyamber twit orang.
Kalau lagi santai, baca-bacalah twit orang dan nyamber-nyamberlah sebanyak-banyaknya XD Ini bisa menjaga keakraban dengan teman dan followers. Orang yang awalnya enggak ngasih follback pun bisa jadi follback karena lama kelamaan jadi merasa akrab denganmu. Selain itu, twit ngobrol ini juga bakal dibaca followers teman jadi mereka bisa kenal kita. Tapi hati-hati ya, jangan sampai samberan alias kalimat kita enggak asik atau enggak nyambung, bukannya bikin akrab bisa jadi bikin ilfil.

6. Promosikan akun
Promosikan akun twittermu di sosmedmu yang lain, misalnya FB, blog, path. Bisa juga langsung ngajak follow akunmu, tapi biasanya kalau dengan cara ini kamu harus siap follback mereka yang mau follow.
7. Ikutan komunitas
Dengan ikutan komunitas, kamu terhubung dengan banyak orang yang satu hobi dan punya kepentingan yang sama. Sehingga kita bisa saling follow dengan mereka. Isi twit kalian pun terhubung dengan baik alias nyambung karena sama-sama di satu komunitas.
8. Profil
Cantumkan profil yang memperlihatkan kelebihanmu. Misalnya kamu editor di penerbit mana. Atau kamu blogger, dan lainnya. Itu jadi nilai tambah. Orang jadi enggak segan untuk mem-follow-mu.

Itu tips sederhana dari saya. Semoga bermanfaat ya ^_^ Masih ada seribu satu cara mendapat follower banyak. Pasti kamu juga punya, kan?







24 komentar:

  1. Evaaaa...
    Tambahin tips dari aku, sering2 tebar poto aktor ganteng Korea sembari dikasih caption galau, dijamin bakal banyak yang RT dan nyamber bhahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beneeer, Teeeh. Baper semua yang baca twitnya XD

      Hapus
    2. Bhahaha.. Tips ini paling ampuh buat twitter Teh Erry tapi aku keknya belum bisa, :D

      Hapus
    3. Iya, sama Teh Endang, aku pun tak mampu itu mah :D

      Hapus
  2. wih nice info hihi tapi aku udah jarang buka twitter eng..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aktifnya di path, ya, Mbak?

      Hapus
  3. Pas banget nih tipsnya buat aku yang minim follower :D

    BalasHapus
  4. heemmm status galau ya,baeklah akan saia coba hehe :P

    BalasHapus
  5. Siap laksanakan..
    Tengkiu y mbak :)

    BalasHapus
  6. mbak Eva...terima kasih tipsnya. Sebelumnya saya ngikut advis tetangga kalo meningkatkan follower dengan selamatan ngundang orang se-RT. dan hasilnya nihil, sebab tetangga saya gak punya akun twitter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masnya kocak banget :D Salam kenal, Mas.

      Hapus
    2. Salam persahabatan sesama blogger wahai Mbak Eva...sering mampir di blog saya juga ya..hehehehe

      Hapus
    3. Siap, Mas :) Blognya berbahasa Inggris ya. Mas ada nulis yang berbahasa Indonesiakah?

      Hapus
    4. ada mbak. ini salah satu blog saya yang berbahasa Indonesia
      http://infosehatmedis.blogspot.com

      Hapus
  7. jarang buka twitter
    sedikit sih followernya :) tapi sekarang ada tips nih bisa dicoba ah

    BalasHapus
  8. Ada lagi teh, suka reply twitnya selebtwit, kalau ntar diretweet atau di reply sama seleb twit, kita bisa kecipratan beberapa follower juga lho, hehehe.
    Sama satu lagi, serig-sering aja ngetwit pake tema atau hestek yang lagi trending topic :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ide bagus juga tuh, Twin. Catet.

      Hapus
  9. Kayaknya aku harus rajin ngikutin poin nomor 3, 5, sama 8 nih. Makasih banyak tips-nya Teteh.

    BalasHapus
  10. Terbukti sih, twit menggalau ataun bijak lebih byk ngundang follower :D

    BalasHapus
  11. Ohhh gitu ya ? Gak gampang juga kak ya :-D

    BalasHapus