Minggu, 21 Mei 2017

Filled Under: , ,

Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”

Share
Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”




Suatu hari saat berekreaksi, saya menemukan bahwa si kecil saya yang ceria ternyata memiliki banyak ketakutan. Seperti mencoba beberapa permainan. Padahal menurut saya permainan itu tidak sulit, tapi si kecil tampak mudah sekali menyerah. Itu membuat saya khawatir. Jangan-jangan sebagai bundanya, saya tanpa sengaja telah membuat si kecil takut bereksplorasi. Memang ada masa si kecil mudah sekali sakit, sehingga saya suka melarangnya melakukan ini itu. Ternyata itu berpengaruh pada perkembangan psikologinya. 

Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”
Mbak Shahnaz Haque membuka acara


            Mungkin, selain si kecil saya, masih banyak anak lain yang mengalami hal sama. Mungkin loh ya, banyak orang tua seperti saya yang suka ragu mengatakan, “IYA BOLEH” ketika anak ingin bereksplorasi. Alasannya tentu berbeda-beda. Menangkap fenomena itu, Nestle Dancow mengadakan acara parenting dengan “Berkata ‘IYA BOLEH’ untuk eksplorasi si kecil”. Acara ini sampai juga ke Bandung. Untuk kota kembang sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu tangga 20 Mei 2017 lalu, dengan menghadirkan 3 pembicara dan Shahnaz Haque sebagai moderator talkshow. Beruntungnya saya bisa menghadiri acara tersebut. Saya mau membagikan pengetahuan yang didapat dari talkshow itu ya, Bunda dan Ayah.

            Stimulasi, Cinta, dan Nutrisi

            Mbak Shahnaz Haque membuka acara dengan obrolan interaktif yang menyenangkan. Peserta talkshow langsung tersedot perhatiannya. Tampak memang bunda dan ayah yang datang, serius ingin menimba ilmu parenting. Dari Mbak Shanaz itulah saya jadi tahu bahwa orang tua memang harus berani mendukung eksplorasi si kecil, bentuk dukungan itu adalah kalimat ajaib “IYA BOLEH”. Namun, kalimat ajaib itu mesti diikuti oleh tiga hal yaitu stimulasi, cinta, dan nutrisi.

Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”

Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”
Playground yang disediakan saat acara

            Begini loh, Bunda dan Ayah. Seperti yang saya singgung di awal tadi, biasanya orang tua banyak melarang anak karena sebab-sebab tertentu. Misalnya anak dilarang bermain di taman karena takut jatuh dan kotor, anak dilarang bermain dengan teman karena takut bertengkar, dan lainnya. Padahal anak tidak akan berkembang manajemen emosinya jika tidak dibiarkan berteman. Ketika bertengkar dan berbaikan, mereka belajar artinya saling memaafkan dan toleransi. Hal-hal yang membuat Bunda dan Ayah risau itu akan hilang jika sebagai orang tua kita memberi stimulasi, cinta, dan nutrisi yang baik. Tiga hal itulah yang akan membuat Bunda dan Ayah percaya diri mengatakan “IYA BOLEH” pada si kecil.
           

Stimulasi

Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”
Dr. Rini sedang memberikan materi

            Menurut Dr. Rini Sekartini memberikan stimulasi bagi anak bisa di mana saja. Tentunya stimulasi itu harus diberikan sesuai dengan usia si kecil. Berikut stimulasi ini yang tepat diberikan sesuai usia untuk merangsang kemampuan si kecil dari Dr. Rini:
Stimulasi Usia 2 Tahun:
-          Naik tangga dam berlari-lari
-          Mencoret-coret pensil pada kertas
-          Menunjuk 1 atau lebih bagian tubuh
-          Menyebut 3-6 kata yang mempunyai arti
-          Memegang cangkir sendiri
-          Belajar makan minum sendiri.
Stimulasi Usia 3 Tahun:
-          Mengayuh sepeda roda 3
-          Berdiri di atas 1 kaki tanpa berpegangan
-          Bicara yang baik menggunakan 2 kata
-          Mengenal 2-4 warna
-          Menyebut nama, umur, dan tempat
-          Menggambar garis lurus
-          Bermain dengan teman
-          Memakai dan melepas baju sendiri
Stimulasi Usia 6 Tahun:
-          Berjalan lurus
-          Berdiri dengan 1 kaki selama 11 detik
-          Menggambar 6 bagian
-          Menangkap bola kecil dengan kedua tangan
-          Menggambar segi 4
-          Mengerti arti lawan kata
-          Mengenal angka
-          Bisa menghitung angka 3-10
-          Mengenal warna
-          Mengikuti aturan permainan
-          Berpakaian sendiri tanpa dibantu
           
Cinta
            Seperti biasanya, saya paling interest pada sesi pembahasan psikologi. Apalagi psikolog anak Mbak Vera Itabiliana ini menyampaikan materinya dengan enak dan luwes, mudah dicerna dan bikin saya sebagai pendengar hanyut. 

Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”
Mbak Vera memberi materi tentang cinta

            Si kecil sangat butuh perhatian Bunda dan Ayah, sebagai orang tua kita harus memberikan cinta. Cinta ini bentuknya pola asuh. Pola asuh yang seperti apa? Yang mendukung eksplorasi si kecil. Mbak Vera kemudian memebrikan beberapa studi kasus di mana orang tua yang terlalu protektif malah menghalangi tumbuh kembang si kecil. Tanpa eksplorasi, anak tidak belajar. Memang sedih sih saat melihat si kecil jatuh, misalnya, tapi dari sana dia belajar rasa sakit dan bangkit. Intinya sih kita harus memberi pola suh demokratis sehingga anak leluasa bereksplorasi dengan catatan ‘adanya batasan’ masuk akal dari Bunda dan Ayah.
            Manfaat eksplorasi menurut Mbak Vera:
  1. Perkembangan sensori – motori
  2. Komunikasi
  3. Sosio-emosional
  4. Kemandirian
  5. Kognitif
  6. Kreativitas
Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”
Slide presentasi Mbak Vera

Supaya si kecil bisa bereksplorasi sebagai orang tua kita mesti menekan kecemasan yang membatasi perkembangan anak. Pembatasan itu ternyata efeknya besar, Bunda. Bisa membuat anak merasa dirinya tidak mampu, membuat anak turut merasa cemas, sampai membuat anak kurang percaya diri, penakut, dependen. Pengalaman saya sendiri, sewaktu kecil supaya saya tidak melakukan suatu hal, saya ditakut-takuti, karena ditanamkan sewaktu kecil, ketakutan itu berakar dan bertahan hingga besar. Jadi saya mengiyakan pendapat Mbak Vera bahwa kepercayaan diri Bunda dan Ayah untuk mengatakan “IYA BOLEH” pada si kecil adalah kunci bagi si kecil untuk bereksplorasi dan mendobrak ketakutan dan kecemasan mereka.

Manfaat “IYA BOLEH” menurut Mbak Vera:
  1. Anak punya kesempatan belajar melalui eksplorasi
  2. Anak merasa hidup di lingkungan yang positif
  3. Anak belajar aturan/batasan membuat dirinya aman dan nyaman
  4. Anak merasa dipercaya dirinya mampu
  5. Anak menjadi berani menghadapi tantangan dan tidak mudah frustrasi
  6. Anak menjadi percaya diri
Kalau di zaman sekarang saja tantangan kita begitu berat, apalagi nanti di masa anak dan cucu kita. Kita mesti menyadari bahwa kita tidak selalu bisa mendampinginya. Sekarang saja, banyak waktu-waktu si kecil mesti menghadapi lingkungan sendiri, apalagi nanti.

Nutrisi

Nutrisi ini amunisi yang mutlak diberikan supaya anak bebas bereksplorasi dan kita sebagai orang tua bisa dengan tenang mengatakan “IYA BOLEH”. Nutrisi ini erat kaitannya dengan kesehatan kan, Bunda dan Ayah. Menurut Mbak Rita Ramayulis, pembicara ketiga yang super bersemangat, kecerdasan dan tinggi badan itu tergantung asupan gizi yang si kecil terima. Waktu 1000 hari kehidupan anak adalah masa terpenting memenuhi nutrisinya. Saat mendengarkan Mbak Rita, saya jadi flashback ke masa si kecil bayi dulu. Saya ngasih makan apa aja ya? Apa sudah terpenuhi kebutuhan nutrisinya?

Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”
Sebelum memberikan materi, Mbak Rita mengajak seluruh peserta talkshow senam pinguin

Ternyata, setiap manusia terlahir dengan bakteri baik untuk kesehatannya. Bisa berkurang kalau asupan gizinya buruk. Si kecil dengan berat badan yang tidak ideal adalah salah satu indikasi nutrinya kurang baik. Mau itu kelebihan atau kekurangan berat badan. Kita tidak bisa hanya memberikan makanan yang diinginkan anak saja, tapi dalam satu piring ada karbo, sayur, lauk, dan buah. Kalau kata Mbak Rini, kita membesarkan anak itu bukan sesuai yang mereka ‘inginkan’ tapi yang mereka ‘butuhkan’. Kalau sekarang si kecil belum mengerti, suatu hari dia akan paham.
Melindungi eksplorasi si kecil berarti sebagai orang tua kita memberikan nutrisi baik yang membantu melindungi saluran pernapasannya, daya tahan tubuhnya, dan saluran pencernaannya.
Saya mikir, banyak banget ya yang harus dilindungi dari si kecil ini. Mesti dikasih apalagi selain 4 jenis makanan tadi. Ternyata saya dan Bunda lain tak usah pusing, karena Dancow Advanced Excelnutri+ mengandung lebih dari 3x lactobacillus rhamnosus yang terbukti secara klinis dapat melindungi saluran cerna dan saluran pernapasan si kecil. Kandungan immunonutrients-nya (vitamin A, C, D, Zat besi, Zinc, dan Selenium) mendukung daya tahan tubuh si kecil. Lalu minyak ikan (sumber DHA), omega 3 (ALA) dan omega 6 (LA) mendukung proses belajar si kecil. Wuiiih lengkap banget ya kandungannya. Jadi tenang kan memberi magic word “IYA BOLEH” pada si kecil?

Beri Keleluasaan Si Kecil Bereksplorasi Dengan Magic Word “IYA BOLEH”
Para Bunda dan Ayah yang bersemangat mengikuti talkshow

Bunda dan Ayah itu dia hal-hal yang saya dapat dari acara Nestle Dancow parenting kemarin. Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. Alhamdulillah banget yaa teh bisa dateng ke acara kece kaya gini. Jadi nambah ilmu buat ngedidik Khalif. ^^

    BalasHapus
  2. Seru acaranya. Pesertanya semangat semua ya Teh.

    BalasHapus
  3. Kita ga ketemu tapi ya teh, acaranya seru yaa semuanya antusias

    BalasHapus
  4. Wih, noted! Stimulasi sesuai usia, buat anak tetangga. Hihihi

    BalasHapus
  5. Hai mba EVa. Artikelnya lengkap nih. Kebebasan anak untuk berelksplorasi emang pentng ya mba :)

    BalasHapus
  6. Ih mantap banhet ketemu Mba Shahnaz, tfs ya Teh sangat berguna bagi new mom seperti saya

    BalasHapus