Lifestyle,

The Game Coloured Our Life

02.09 eva sri rahayu 16 Comments



Sejak kecil hidup saya diwarnai oleh berbagai permainan. Masih terbayang beberapa permainan tradisional yang saya mainkan bersama teman-teman di kampung. Waktu itu di depan rumah saya terbentang halaman luas yang diisi berbagai pepohonan yang berbuah lebat. Di sanalah saya bermain petak umpet, sondah, lompat tali, dan lainnya. Saat kelas 4 SD, saya pindah ke Bandung. Ruang bermain menjadi sempit, harus cukup puas dengan memanfaatkan gang-gang saja. Waktu itulah saya mengenal permainan-permainan digital yang dibawa kakak saya. Dari pengalaman memainkan berbagai game, saya jadi mengerti betapa mengasyikannya dan bahwa game ternyata memiliki efek yang baik juga untuk pemainnya. Game mewarnai hidup kita. Setelah besar dan menjadi seorang ibu, saya jadinya tidak anti terhadap game. Hanya saja, harus disesuaikan dengan usia dan dimanajemen waktu bermainnya. Untuk anak-anak misalnya, pilihlah game yang memiliki nilai-nilai edukasi tapi tetap menyenangkan dan menyegarkan pikiran.


Hal yang seru itu ketika menemukan game yang sejalan sama hobi. Waktu kecil, saya punya impian jadi komikus, tapi sayang kemampuan gambar saya semakin menurun seiring usia. Selain tidak diasah dan belajar tekun, pekerjaan dan berbagai kesibukan membuat saya berpaling dari dunia gambar—alibi banget ya, hehe. Ternyata hobi masa kecil saya dimiliki anak saya juga. Rasi suka banget menggambar, mewarnai, dan main game. Cita-citanya sih kepengin gambar-gambarnya terpajang di berbagai media. Nah, pas banget hobi Rasi ini menemukan wadahnya. Beberapa hari lalu, kami menemukan game yang menyatukan antara kegiatan di dunia nyata yaitu mewarnai dan game digital. Interaktif banget deh. Tambah lagi, bisa dimainkan bersama. Jadinya enggak sibuk sendiri-sendiri dengan smartphone masing-masing. Nama permainannya Colour to Life dari Faber Castell. Alat mewarnai ini memang favorit kami, karena koleksi warnanya banyak dan cakep.

Faber Castell Colour to Life
Faber Castell Colour to Life ini memakai teknologi Augmented Reality (AR) yang menjadikan gambar yang udah diwarnai berubah jadi 3D, seolah tumpah dari buku gambar ke dalam smartphone. Gambar menjadi hidup dan bergerak dalam aplikasi permainannya. Bener-bener bikin semangat berkreativitas. 


Isi bundelannya terdiri dari colouring book yang berisi 15 halaman dengan gambar-gambar lucu. Kertasnya tebal dan berkualitas, jadi warna enggak akan tembus ke belakang kertas. Ada tokoh-tokohnya pula, terdiri dari 5 tokoh, yaitu kesatria penunggang kuda, pogo boy, lady cantik, seniman kucing, dan pilot yang mengemudikan pesawat terbang. Kemudian ada 20 connector pen berwarna-warni. Terakhir, dilengkapi dengan brosur yang mengajarkan berbagai teknik mewarnai menggunakan connector pen, mewarnai pun kita bisa mengkreasikannya. Serunya lagi ada cara-cara berkreativitas menggunakan penutup connector pen. Bisa dibentukin jadi lucu-lucu loh. Game-nya sendiri bisa diunduh dari Google Play atau App Store. Cari aja aplikasi Colour to Life. 



Bermain seru Colour to Life bareng Rasi
Waktu saya cerita ada permainan mewarnai yang bisa hidup, Rasi excited banget. Saking enggak sabarnya pengin main, dia nungguin paketan barangnya tiap hari. Cerewet banget deh nanyain sehari 3 kali, kayak aturan minum obat aja. Saat paketannya dateng, dia langsung unboxing kotaknya. Terkagum-kagum gitu ngeliat isinya. Karena saya udah janji dari kapan tahun buat mainin game ini, langsung deh kita seru-seruan.


Cara mainnya sederhana. Pertama, saya mengunduh aplikasinya dulu. Sehabis itu, kami pilih halaman yang mau diwarnain. Saya sih kepengin kucing seniman yang keliatan nyentrik itu, tapi Rasi maunya kesatria penunggang kuda. Ya udah, ngalah sama dia deh. Rasi nanya, soal pemilihan warnanya, saya bilang sih bebas ajalah berimajinasi, enggak mesti terpatok sama pakem tertentu. Saya yang rasanya udah berabad-abad lampau enggak mewarnai, ngewarnain dengan seadanya, tapi Rasi nunjukin berbagai teknik mewarnai yang ada di brosur. Ternyata seru ngewarnain enggak dengan cara standar. Nyobain dibikin bentuk bulet-bulet. Sambil ngewarnain sembari ngobrol, bagus juga ya buat bonding.




Kedua, setelah selesai mewarnai, kami nyalain permainannya di smartphone. Dalam aturannya, kami harus mengambil foto atau scan gambar dari jarak tertentu yang pakai teknologi Augmented Reality (AR) itu loh. Saya sih suka gagal, tapi Rasi mah berhasil terus. Anak cerdaaas. Mukanya semringah banget saat si kesatria penunggang kuda muncul bentuk 3D-nya di layar ponsel.


Ketiga, langsung aja cuss main di smartphone. Ada 5 pilihan game-nya, yaitu:
-    Giddy Up: Game ini yang jadi pilihan kami. Si kesatria penunggang kuda mesti ngumpulin berbagai barang yang mengambang dalam balon-balon udara gitu. Jangan sampai menabrak kalau enggak mau game-nya berakhir.
-    Pogo Boy: Pogo Boy melompat-lompat memakai pogo stik, kalau sampai tercebur ke kolam, tamat deh game-nya, hiks.
-    Dress-up Challenge: Buat yang suka fashion, pas banget mainin game ini. Karena permainannya bertema pakaian.
-    Balance Your Brain: Pemain diajak nyamain antara gambar dengan warna.
-    Safe Flight: Kita harus mengarahkan pesawat dengan benar, jangan sampai pesawat menabrak awan kalau enggak mau permainan cepat berakhir.

Keempat, kita bisa selfie sama para tokoh game-nya. Seru! Tokoh-tokoh game bisa kita pindah-pindahin sesuai dengan gaya apa yang pengin kita tampilkan. Berhubung Rasi anaknya mood-mood-an alias susah banget diajak selfie, ya sudah emaknya aja yang eksis, hohoho.




Manfaat bermain Colour to Life
Game ini mengukuhkan pendapat saya bahwa bermain game itu bermanfaat. Apa saja?
1.    Buat saya yang main sama anak, saya ngerasa membangun bonding. Permainan ini bisa dimainkan bareng siapa aja loh. Misalnya bonding dengan pasangan, atau antara kakak dengan adik. Bikin tambah kompak.
2.    Melatih motorik.
3.    Lewat game ini kita dapat melatih konsentrasi juga loh.
4.   Menyegarkan pikiran dan moodbooster. Bikin penat dan jenuh jauh-jauh deh, karena seru dan menyenangkan.
5.    Bikin kita makin kreatif.

Kalau kamu bertanya-tanya di mana bisa dapetin Faber Castell Colour to Life, bisa dibeli di banyak tempat loh. Tempat pembelian Produk Colour to Life ada di Tokopedia, Gramedia atau toko buku terdekat. Harganya berkisar 100 ribu sampai 120 ribu. Worth it-lah dengan pengalaman seru dan manfaat yang bakal kita dapetin. Kalau masih penasaran dengan Faber Castell Colour to Life ini, bisa kepoin di media sosial mereka:
Facebook: Faber-Castell International Indonesia
Instagram: @Fabercastell_ID
Atau tonton sendiri deh keseruan permainannya di channel Youtube Faber Castell Creative Kids.


Seperti game yang mewarnai hidup saya dan Rasi, Faber Castell Colour to Life ini bakalan ngasih warna dalam hidupmu juga.

You Might Also Like

16 komentar:

  1. Aku juga kebetulan udah mencoba ini dan mencoba mewarnai seperti yang Rasi tunjukan di brosur. Dan nyatanya emang seru mewarnai enggak dengan cara standar hehe. Serunya lagi bisa bermain dengan karakter yang jadi 3D itu :) bener-bener colour to life

    BalasHapus
  2. Bukan cuma seru permainannya juga banyak manfaatnya ya.
    Fokus ke Rasi dan mamihnya yg cantik banget.

    BalasHapus
  3. Itu Rasi makin cantik ya? Maminya juga, hihihi. Selamat mewarnai hidup dgn Faber Castell ya...

    BalasHapus
  4. Rasi juga seneng kan ya mewarnai danmain colour to life ini

    BalasHapus
  5. Rasi seneng ya bisa mewarnai terus olah otak dengan games edukaruf faber castell

    BalasHapus
  6. Seru ya teh.. anak-anakku juga pada betah warnainnya

    BalasHapus
  7. Asyik bgt ya bonding sm anak sambil main colour to life

    BalasHapus
  8. Rebutan gak mama sama si neng? Aku di sini rebutaaaaan sama bocah dan bapaknya. :)))

    BalasHapus
  9. Asik ya, game dari Faber Castell ini bisa mempererat bonding kita dengan anak.

    BalasHapus
  10. Keren banget teh posenya bisa sama banget gt. Kalo rasi rebutannya versi sabar yaa, kalo saya ama khalif mah versi rusuh. Hihi

    BalasHapus
  11. ternyata permainan digital bisa bikin bonding ke anak makin erat.
    biasanya kan sebaliknya ya, malah bikin sibuk masing2 ajah.
    keren ya faber castell :D

    BalasHapus
  12. Fine, aku ga diajakin main hiks

    BalasHapus
  13. Kompak banget teh Eva sama Rasi, seru banget emang mewarnai dengan Colour to Life..

    BalasHapus
  14. Aku udah cobain mewarnai colour to life ini teh, seru banget bisa langsung main gamesnya :D

    BalasHapus
  15. Asyik banget bisa mewarnai bareng anak ya Teh. Bikin family time tambah berwarna

    BalasHapus
  16. Serunya jadi bisa main bareng Rasi ya, Teh. Btw kubaru tahu impian Teh Eva jadi komikus tapi sekarang jadinya mah ngga jauh banget lah ya.. tulisannya bareng Teh Evi keren-keren

    BalasHapus