CSR,

Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?

05.08 eva sri rahayu 15 Comments

Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?
Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?

Pernah mendengar orang ingin menghasilkan uang dari hobi? Pasti pernah. Hobi memang kegiatan yang membuat hati senang. Maka enggak heran jika kita ingin pekerjaan yang digeluti bukan menjadi beban dan bikin stres, justru menjadi sumber kebahagiaan. Tapi nih, seringnya hobi ini dituduh sebagai biang penguras dompet ketimbang menggendutkan rekening. Karena ya itu tadi... hobi dianggap untuk kesenangan semata. Bukan kegiatan produktif yang membantu menopang kesejahteraan keluarga.

Pernah mendengar orang mengeluhkan pekerjaan yang enggak sesuai dengan passion atau jurusan waktu kuliah? Pasti pernah juga. Merasa ketika kerja hanya jadi robot yang bekerja sesuai target dan deadline. Kadang enggak ada kegairahan untuk memberikan yang terbaik apalagi terus melampaui hasil-hasil sebelumnya. Tapi, banyak juga yang bekerja enggak sesuai passion dan jurusan kuliah tetap memberikan hasil maksimal dan punya prestasi gemilang. Kembali pada pola pikir, sudut pandang, dan motivasi diri.

Pertanyaannya, apakah bekerja sesuai hobi dan passion itu sesuatu yang mustahil? Hanya utopis yang sekadar seksi untuk diimpikan. Jawabannya tentu sangat mungkin diwujudkan.












Beberapa di antaranya karya saya


Bekerja Sesuai Hobi dan Passion


Dari kecil saya punya hobi membaca dan menulis. Pada tahun-tahun itu, masih banyak orang memandang aneh anak kecil yang punya impian menjadi penulis. Menulis adalah paket lengkap sebagai hobi dan passion. Sampai ketika saya tumbuh dewasa, hobi itu benar-benar bisa dijadikan mata pencaharian. 

Memang, selain memberikan kesenangan, saya punya deretan alasan yang menjadi motivasi untuk menulis. Salah satunya menulis buat saya adalah jalan mengedukasi. Saya ingin memberi bacaan yang berkualitas. Saya percaya generasi Milenial ini enggak malas membaca. Media bacaannya saja yang lebih beragam. Seperti lebih suka membaca via berbagai aplikasi di smartphone. Para penulis juga punya ladang baru, yaitu menulis untuk berbagai portal dan aplikasi. 

Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?
Salah satu kegiatan di Rumah Pintar (Sumber gambar: Sinar Mas)



Rumah Pintar
Lewat tulisan, saya ingin menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap literasi. Termasuk dengan program komunitas, yaitu program donasi buku untuk perpustakaan. Ini selaras dengan Rumah Pintar yang memberdayakan diri lewat komunitas. Bekerja sama dengan Sinar Mas, Rumah Pintar menyediakan berbagai fasilitas seperti Sentra Komputer, Sentra Bermain, Sentra Kriya, Sentra Anggrek, Sentra Buku, Sentra Panggung dan Sentra Audio Visual. Di Sentra Kriya, para ibu diberi pelatihan kerajinan tangan yang nantinya dijadikan penghasilan tambahan. Anak-anak dapat belajar sambil bermain di Sentra Buku dan Sentra Audio Visual. 

Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?
Kegiatan pengembangan pontensi anak-anak di Rumah Pintar (Sumber gambar: Sinar Mas)

Sampai saat ini Sinar Mas sudah mengelola 29 Rumah Pintar yang tersebar di beberapa daerah. Berkat program ini, tahun 2014 lalu, Sinar Mas mendapatkan penghargaan Anugerah Adicipta Lokatara dari pemerintah karena dinilai konsisten dalam memberdayakan masyarakat sekitar dengan basis komunitas. Setuju kan kalau komunitas itu efektif dalam memberdayakan masyarakat?



Mitra Kreasi Handycraft
Balik lagi ke hobi. Banyak banget hobi yang kalau ditekuni sungguh-sungguh jadi menghasilkan. Termasuk hobi unik bikin kerajinan tangan dari bahan limbah kertas. Hal itu sukses dilakukan oleh Mitra Kreasi Handycraft di bawah asuhan program corporate social responsibilty (CSR)—program CSR adalah program tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat—Sinar Mas. Usaha kecil mikro dan menengah di Serang, Banten, ini berhasil mengubah limbah kertas dan kardus bekas menjadi kerajinan tangan berkualitas... ekspor! Keren banget, ya!


Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?
Salah satu hasil karya Mitra Kreasi Handycraft (Sumber gambar: Sinar Mas)


Penasaran enggak sih sama behind the story keberhasilan mereka? Sebagai pencinta kisah di balik kesuksesan, saya sih pengin tahu. Kalau kamu penasaran juga, saya ceritain ya. Jadi ceritanya suatu hari di tahun 2009, Pak Farid sang ketua kelompok Mitra Kreasi Handycraft bertemu dengan corporate social responsibility (CSR) Sinar Mas. Pihak Sinar Mas meminta Pak Farid dan kelompoknya membuatkan kerajinan tangan dari limbah kertas dan kardus bekas dari produksi perusahaan Sinar Mas di Serang. Waktu itu Pak Farid yang merupakan ayah tiga orang anak ini lagi mengalami masa sulit karena kehilangan pekerjaannya. Sebelum produksi, Pak Farid dan kawan-kawan diberi pelatihan bagaimana membuat barang-barang kerajinan tangan. Apa sehabis itu mereka langsung berhasil? Enggak sodara-sodara. Hasil kerajinannya dianggap belum memenuhi standar, jadilah perusahaan terpaksa menolak. Apa Pak Farid dan kawan-kawan juga perusahaan menyerah begitu aja? Enggak dong! Mereka lalu dikasih pelatihan lagi. Akhirnya... jeng-jeng-jeng... teman-teman Mitra Kreasi Handycraft berhasil menghasilkan produk sesuai dengan standar dan permintaan perusahaan. Mereka membuat kerajinan tangan berupa kantong belanja, miniatur kapal pinisi dan becak, aneka stationery set, dan banyak lagi.


Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?
Sumber gambar: Sinar Mas
Program ini juga menghasilkan penghargaan Social Business Innovations Award tahun 2012 dari majalah Warta Ekonomi.

Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?
Salah satu kegiatan di Rumah Kreatif (Sumber gambar: Sinar Mas)
Rumah Kreatif
Adakah yang punya hobi menenun? Mungkin kamu bisa mengikuti kesuksesan teman-teman di Rumah Kreatif yang diinisiasi Sinar Mas sebagai “rumah pendidikan” sekaligus sarana pemberdayaan bagi warga masyarakat. Program corporate social responsibilty (CSR) ini mengangkat tenun ikat tradisional Humbang Shibori, dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Sebuah kerajinan kriya yang dibuat dengan metode ikat celup (tie dye).


Bekerja Sesuai Hobi dan Passion, Bisakah?
Sumber gambar: Sinar Mas

Kamu bisa mengunjungi bit.ly/TumbuhBersama atau www.sinarmas.com untuk melihat program sosial lainnya.

Ada banyak jalan mewujudkan impian bekerja sesuai dengan hobi dan passion, salah satunya dengan mengikuti komunitas dan program yang bersinergi dengan hobi tadi. Mari kita buat anggapan hobi hanya membuang-buang uang jadi pandangan ketinggalan zaman.

You Might Also Like

15 komentar:

  1. Kerja berdasarkan hobi san passion memang sungguh menyenangkan ya teh. Dan itu bukan suatu hal yg tidak mungkin :)

    BalasHapus
  2. Aku pun kini bekerja online jadi passionku, baik sebagai bloggers atau imers rasanya happy banget, alhamdulillah menikmati..
    Semoga kita selalu happy mengerjakan pekerjaan sesuai passion ya, Vaa!

    BalasHapus
  3. Bekerja sesuai passion atau hobi memang sangat memyenangkan, ya Teh.

    BalasHapus
  4. hobi yang jadi pekerjaan udah dilakukan sama aku dan suami, teh.
    alhamdulillah, meskipun capek tapi bikin senang :D

    BalasHapus
  5. Saya bekerja sesuai hobi dan passion kok teh dab menurut saya adanya rumah pintar ini bagus banget. Oia menurut saya gen milenial masih males baca meski udah tebar link dimana2, pengen dikasih ikan bukan alat pancingnya🤗

    BalasHapus
  6. Bekerja sesuai hobi sungguh menyenangkan dan bisa mendatangkan uang

    BalasHapus
  7. Bagus CSRnya jalan. Kalo udah sebesar Sinar Mas, bagusnya emang 'kembaliin ke masyarakat' alias giving back to society. Mantap!

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah aku sekarang kerja sesuai dengan passion di bidang social media setelah hampir 7 tahun di bidang yang salah dulu hihi

    Sinar Mas mantan klienku, makin keren aja 😁

    BalasHapus
  9. Bisa banget deh. Aku sekarang udah kerja sesuai passion. Dan itu menyenangkan. Apalagi coba pekerjaan yang lebih menyenangkan daripada hobi yang dibayar. :D

    BalasHapus
  10. Seneng deh kalo ada perusahaan yang punya kepedulian kayak gini seperti Sinarmas. Kereeen!

    Entahlah Vaaa, passion-ku sih ngedrama sambil gogoleran soalnyaaaa hahahahaha *dibanting Eva*

    BalasHapus
  11. Kerja sesuai dengan passion ga ada capenya pas dikerjain.. justru bagi IRT macam saya ini berusaha curi2 waktu nulis pas si kecil tidur 😊

    BalasHapus
  12. Bisa bangeeet teh! Asal tekun dan pantang menyerah, saat kita expert di passion kita insya Allah jalan akan terbuka :) Banyak temanku yg berhasil dengan menekuni passion mereka teh.

    BalasHapus
  13. Impia banget ya bisa bekerja sesuai hobi dan passion, jadi nggak berasa kerja, berasa happy aja ngerjainnya

    BalasHapus
  14. Nah iya iniiih... “Let the beauty of what you love be what you do.” kata Rumi :)

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah , sekarang bisa bekerja sesuai passion

    Jadi ngga pernah merasa terpaksa :)

    BalasHapus