Rabu, 27 Maret 2019

Masker Wajah Buatan Sendiri Untuk Kulit Sehatmu

Masker Wajah Buatan Sendiri Untuk Kulit Sehatmu


Saya termasuk orang yang suka males-malesan merawat wajah. Kadang enggak sadar umur ya. Kulit udah teriak-teriak mengibar-ngibarkan bendera S.O.S. Tapi suka enggak dipeduliin. Kasian-kasian-kasian…. Baru deh panik sendiri saat ngaca, ngeliat muka kekeringan kayak tanah enggak kesiram hujan berbulan-bulan, belum lagi pori-porinya yang membesar. Langsung merasa bersalah sendiri. Hal pertama yang saya pikirkan sebagai bentuk pertolongan pertama pada wajah adalah memakai masker muka. Soalnya selain praktis, memakai masker wajah ini bisa memakai berbagai bahan yang tersedia di dapur, semacam tomat, jeruk nipis, sampai putih telur.




Sebenarnya apa saja sih kegunaan masker wajah ini?
 
Ada banyak manfaat menggunakan masker wajah, beberapa di antaranya:
1. Menutrisi kulit wajah sehingga kulit menjadi tidak kering seperti daun layu.
2. Melindungi kulit dari dampak radikal bebas.
3. Meremajakan kulit. Penting banget ini untuk kita yang sudah berusia 30+ biar kulit tetap kencang.
4. Melembapkan kulit sehingga terjaga kekenyalannya.
5. Membuat kulit tampak cerah, enggak kuyu dan kusam. Hal ini dikarenakan masker bisa mengangkat sel-sel kulit mati.
6. Mengecilkan pori-pori muka. Pori-pori jadi lebih kecil karena enggak ada kotoran yang menempel dan menyumbat.
7. Mengurangi jerawat. Saat wajah bersih, bakteri enggak berkemah di kulit sehingga jerawat enggak berlomba-lomba nempel di muka.

Sebaiknya sebelum memakai masker wajah, kita mengenali dulu jenis kulit muka kita agar bisa memilih masker yang paling cocok. Kulitmu termasuk jenis normal, berminyak, kombinasi, atau kering. Kamu bisa meminta bantuan profesional untuk mengetahui jenisnya. Soalnya kadang ketika kita berasumsi sendiri ternyata perkiraan kita meleset. Dulu saya mengira saya berjenis kulit berminyak, ternyata setelah diperiksa ke dokter jenis kulitnya kering. Sering berminyak untuk melindungi kelembapan kulit, saya jadi salah paham sama kulit sendiri.

Masker Wajah Buatan Sendiri Untuk Kulit Sehatmu

Dulu saya mengira membuat masker sendiri itu repot banget. Ternyata enggak. Ceritanya suatu hari muka saya bermasalah karena jarang dibersihkan, setelah seharian memakai makeup langsung tidur begitu saja. Waktu itu saya teringat obrolan dengan seorang perias yang mukanya kinclong banget. Saya tanya rahasianya apa? Katanya pakai bahan-bahan dapur seperti yang ceritakan di awal. Saya mencoba masker tomat dan jeruk nipis. Pemakaiannya hanya tomat atau jeruk nipis dibelah lalu isinya diulaskan ke seluruh wajah. Saya memakainya selang-seling. Tomat dua hari, hari ketiga baru jeruk nipis. Memakai jeruk nipis ini agak perih di muka. Dalam waktu seminggu, kulit muka kembali normal. Memang sih namanya alami itu mesti sabar, hasilnya enggak instan.

Btw, saya mau berbagi resep masker wajah buatan sendiri rekomendasi salah satu sahabat saya. Bahan-bahannya simpel kok. Berikut tahapan-tahapannya:

1. Siapkan tepung beras dan susu beruang.
2. Campur kedua bahan sampai menjadi pasta.
3. Bersihkan muka agar masker menempel sempurna.
4. Oleskan masker ke seluruh muka dan leher, kecuali area mata. Bisa memakai kuas atau tangan. Kalau memakai tangan, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih, ya.
5. Tunggu sampai kering, biasanya sekitar 15 menitan.
6. Bilas sampai bersih menggunakan air hangat agar masker mudah terangkat.

Merawat wajah menggunakan masker buatan sendiri ternyata enggak ribet, kan? Bahan-bahannya juga gampang banget didapetin. Tinggal ke warung sebelah, dapet deh bahannya. Gunakan seminggu sekali ya dengan teratur, jangan malesan kayak saya, eh. Seneng kan jadinya tiap ngaca ngeliat kulit muka yang sehat. Mau maskeran bareng?

5 komentar:

  1. Wah iya mudah caranya tinggal ke warung beli deh. Butuh konsistensi aja nih saya sepertinya

    BalasHapus
  2. Wuih rajin, tp praktis ya bikinnya, cuma nyampur tepung berasa sm susu beruang, cobain juga ah...

    BalasHapus
  3. Aduh udah beli, juga punya gratisan tapi mualesssnya ampun-ampunan

    Padahal kulit wajah yang kering dan kusam udah nagih :(

    BalasHapus
  4. Dulu pori-pori mukaku kecil, limit banget dan ga ada jerawat. Seiring faktor umur (dan kebiasaan jelek juga) pori-pori muka jadi gede, jerawat sering ngapelin muka. Uh kesel deh. Kalau udah gini baru sadar gimana pentingnya merawat muka sejak dini. Jadi inget udah lama ga maskeran nih, Va :D

    BalasHapus
  5. Kalau Eva aja disebut males-malesan pake masker apalagi aku hehe

    BalasHapus