Kementerian Perhubungan,

Hal-Hal Ini Bisa Bikin Mudik Bareng Jadi Asyik, Aman, dan Lancar

00.43 Eva Sri Rahayu 9 Comments



Meskipun saya selalu bilang bahwa mudik membawa kesan khusus dalam hidup saya, sesungguhnya ada drama-drama di balik itu yang membuatnya terasa mendalam--pada akhirnya. Kalau ditanya mudik paling terkenang, saya pasti menjawab: Mudik ke kampung halaman ayah saya di Palembang waktu saya masih SD. Saat itu kami mudik menggunakan kendaraan. Mudik bersama keluarga rasanya terdengar sangat menyenangkan. Berumpul setelah selama ini sibuk dengan urusan masing-masing, bareng-bareng melewati perjalanan panjang menuju satu tempat yang memiliki sejarah penting bagi keluarga. Nyatanya, tidak begitu buat saya pada saat kecil. Saya malah merasa terjebak! Panas, pegal, dan… diatur sepanjang perjalanan. Drama-drama pertengkarannya juga bikin enggak betah. Kalau kata Mama mengutip peribahasa Sunda begini, “Jeung dulur mah ari jauh seungit kembang, ari deukeut bau tai.” Ya memang bener sih sama keluarga itu ketika jauh bikin kangen, ketika bareng-bareng ada… aja perselisihan. Pada awal perjalanan ingin kabur, tapi seiring dengan makin panjangnya jalan yang kami lewati, saya mulai menikmati dan beradaptasi, bahkan akhirnya benar rasanya menyenangkan. Dari bete-betean, jadi bercanda-bercandaan.





Sekarang kalau inget kejadiannya, kebayang ribetnya orangtua saya membawa mudik jauh anak-anaknya yang sungguh menggemaskan repotinnya. Setelah besar baru mengerti yang bikin momen mudik itu seru dan asyik justru kebersamaannya. Kalau dulu merasa terjebak, sekarang kepengin banget mengulang momen itu :’) Mudik memang selalu punya banyak cerita dan drama-drama yang kalau dikumpulin bisa jadi setebal buku bantal.

Bapak Khomarudin Chalil memberikan tausiah

Kalau pengalamanmu sendiri gimana?
Tahun ini mau mudik ke mana?
Sama siapa?
Tanggal berapa?
Pakai moda transportasi apa?


Ehem-ehem, saya udah tampak posesifin kamu nggak sih itu?
Apa malah kayak HRD yang lagi wawancarain calon pegawainya, nih?


Hal-Hal Ini Bisa Bikin Mudik Bareng Jadi Asyik, Aman, dan Lancar
 
Saya punya beberapa tips biar acara mudik barengmu terasa asyik, aman, dan lancar. Ini dia:

1. Buat perencanaan
Sejak jauh-jauh hari, buat perencaan yang detail. Dalam perencanaan itu hitung keuangan yang dibutuhkan biar bisa nabung dari jauh-jauh hari. Misalnya, mau pakai moda transportasi apa, berapa orang, berapa hari, dan lainnya. Jangan sampai ketika “Ramadhan tiba! Ramadhan tiba! Ramadhan tiba!” (you sing you lose) baru mikirin kebutuhan mudik. Kalau memilih mudik memakai kendaraan pribadi selalu cek keadaan kendaraan, apakah siap untuk perjalanan panjang dan sesuai track-nya, biar aman di jalan. Lancar juga deng, kan perjalanan bakalan terhambat kalau kendaraan mogok dan mesti nyari bengket darurat. Buat list barang bawaan apa aja yang mau dibawa, seperlunya aja, jangan baju satu lemari diangkut semua. Meskipun barang yang dibawa minimalis, peralatan P3K mesti masuk ke dalamnya ya, penting buangeeet ini!



(Fotografer Helmi Budiprasetio)

2. Cukup makan makanan bernutrisi
Biasanya, kurang makan ini bikin orang cepet marah. Apalagi dalam perjalanan. Macet, hectic, panas, pokoknya situasinya senggol dikit mau murka aja. Biar tubuh fit sehingga mood terjaga, selama perjalanan mesti cukup makan makanan bernutrisi. Bisa juga pilih makanan yang meningkatkan mood, seperti cokelat. Mood bagus bikin perjalanan jadi menyenangkan. Makan yang padat nutrisi ya demi mudik paripurna.


Makan yang padat nutrisi demi mudik paripurna

3. Istirahat
Buat kamu yang menyetir, kalau badan sudah protes, terasa mengantuk, istirahat aja. Jangan maksain melanjutkan perjalanan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama. Pernah tuh saya ngalamin sopirnya ngantuk parah, jalan mobilnya jadi miring-miring, mana di tol lagi. Serem abis! Anggota keluarga lain juga saling jaga ya. Kalau yang bertugas menyopiri terlihat lelah, mendingan nyantai dulu di rest area. Anak-anak juga nih biasanya butuh waktu istirahat yang nyaman.


Bareng sama Kapten Vincent (Fotografer Helmi Budiprasetio)

4. Sharing
Kesibukan sehari-hari sudah menyedot banyak sekali energi. Mau itu pekerjaan, sekolah, maupun beres-beres rumah. Ketika bertemu di malam hari, rasanya sudah enggak sanggup lagi bercerita atau bercengkerama, kepenginnya blek aja cepet-cepet tidur. Padahal ada keluarga yang butuh perhatian kita, butuh bertukar kisah, butuh telinga kita. Begitu juga kita sebaliknya. Ketika mudik ini, kita terkondisikan untuk fokus bersama-sama. Waktu yang ada bisa kita gunakan untuk bercerita, curhat, diskusi, berbagi impian, bahkan sekadar obrolan receh yang mematik tawa. Dari small talk sampai deep talk. Memberi kesempatan untuk bicara dan didengar. Mengobrol itu pengaruhnya besar untuk kembali mendekatkan ikatan. Momen mudik menjadi ‘pulang’ untuk raga dan hati.


Program Mudik Gratis Kementerian Perhubungan
 
Satu lagi mudik yang berkesan buat saya. Beberapa tahun lalu saya sempat mudik menggunakan sepeda motor. Ketika melewati tikungan, motor yang saya naiki jatuh. Aslinya waktu itu jantung rasanya berenti berdetak. Kasus-kasus mudik menggunakan sepeda motor seperti yang pernah saya alami ternyata menjadi sorotan Kementerian Perhubungan. Dalam acara "Buka Puasa dan Ngobrol Bareng Menhub" tanggal 24 Mei 2019 kemarin di Multivision Tower, Pak Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik supaya jangan pakai motor karena berbahaya. Sebagai solusi dan alternatif, Kementerian Perhubungan menyediakan mudik gratis. Iya, beneran gratis! Para pemudik yang berminat bisa mendaftar melalui dua layanan, yaitu online maupun mendaftar langsung. Kuota yang disediakan tahun 2019 ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, lho. Tujuan pemudik pun lebih banyak.


Bloger dan vloger di acara "Buka Bersama Menhub"

Di acara tersebut, bloger dan vloger yang hadir bisa memberikan berbagai pertanyaan seputar mudik 2019. Salah satu teman bloger bertanya mengenai fasilitas mudik untuk teman-teman disabilitas. Menteri Perhubungan, Pak Budi Karya, mengatakan bahwa pemerintah sangat memperhatikan kebutuhan mudik penyandang disabilitas dengan membangun infrastrukturnya. Menurut beliau, persiapan mudik dari Kemenhub sendiri sudah mencapai 90%. Kata Pak Budi mereka sudah mulai bekerja setahun sebelum lebaran tiba. Berdedikasi sekali, ya.


Pak Menteri Perhubungan bersama Kapten Rizka, Kapten Vincent, Danang Ruswantara (masinis PT KAI), dan Roesandi (nahkoda PT PELNI)

Hal yang menarik di acara itu juga adalah kehadiran vloger-vloger yang profesi utamanya justru di bidang transportasi. Ada dua pilot Kapten Rizka dan Kapten Vincent, Danang Ruswantara (masinis PT KAI), dan Kapten Roesandi (nahkoda PT PELNI). Mereka mewakili transportasi di darat, laut, dan udara. Selain para vloger itu, saya juga berkesempatan nge-vlog sama Pak Menteri Perhubungan Pak Budi Karya yang semangatnya milenial.

Foto bersama peserta buka bersama (Fotografer Helmi Budiprasetio)

Balik lagi ke soal mudik. Jadi… tahun ini, kamu mudik ke mana? Hati-hati di jalan, ya. Buat kamu yang berada di perantauan dan enggak bisa mudik, semoga kamu tetap diberi kebahagiaan di hari raya. Hati sebaik-baiknya tempat berpulang, dan sejauh-jauhnya doa tetap akan sampai.




You Might Also Like

9 komentar:

  1. Iya betul teh, makan itu penting banget saat mudik. Puasa tetep jalan tp kalo mau jalan jarak jauh, harus ditambahin dengan kelengkapannya spt susu, multivitamin dkk. Soalnya takut masuk angin, kecapean, dll, malah ga konsen nyetirnya...

    BalasHapus
  2. Ya alloh itu foto ama kapten heheu btw teh kalo saya mudiknya sebelum puasa kemaren jadi ngga macet, Alhamdulillah nikmat banget mempertemukan Gen ama buyutnya ❤️

    BalasHapus
  3. Wah asyik, sebagai menhub pak BKS sangat perhatian ya
    Acung jempol deh

    BalasHapus
  4. Wah, seneng ya, makin hari makin banyak yang bikin mudik bareng. Banyak yang gratis pula. Pastinya ya bikin perjalanan mudik jadi menyenangkan. Semoga mudik tahun ini aman dan lancar. Semua pemudik bisa bertemu dengan keluarga tercinta di hari Lebaran nanti

    BalasHapus
  5. Tahun ini saya mudik ke mertua. Mudik ke rumah ortu di jawa udah kemarin sebelum puasa jadi Alhamdulillah gak macet.

    BalasHapus
  6. sempet nyari-nyari mudik gratis itu teh, kebanyakan berangkat dari jakarta :D

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ya ada mudik gratis. Mudah-mudahan bisa memfasilitasi teman-teman yang membutuhkan.

    BalasHapus
  8. Seru juga ya ketemu vlogger yang berprofesi nakhoda, kapten, dll moda transportasi itu. Unik gitu

    BalasHapus
  9. Seneng ya bisa mudik gratis nih, semoga setiap tahun ada ya teh Eva mudik gratis ini

    BalasHapus