Kamis, 01 Desember 2016

Filled Under: , , ,

Wirausaha Muda Mandiri: Peluang Emas Menjadi Pemuda Inspirasi Bangsa

Share
Wirausaha Muda Mandiri: Peluang Emas Menjadi Pemuda Inspirasi Bangsa

Satu hari sepulang dari sebuah acara, saya menumpang mobil sewaan. Dalam perjalanan, saya mengobrol dangan sopirnya yang tampak berusia belia. Tanpa saya sangka ternyata di luar kegiatan kuliah dan nyambi menjadi sopir, dia telah memiliki usaha sendiri. Bengkel kecil-kecilan, katanya. Ah, bukan persoalan kecil atau besar, tapi punya semangat berwirausaha dan mewujudkannya sudah merupakan langkah besar. Di saat banyak orang takut memulai usaha, masih bingung dengan langkah-langkah menggapai impian, dan malah masih sibuk dengan kegiatan hura-hura saja, di usia awal dua puluhan, pemuda itu sudah merancang masa depannya. Melihat binar kesungguhan di matanya, membuat saya optimis bahwa kekurangan pengusaha di Indonesia akan segera tertutupi. Akan muncul pemuda-pemudi lainnya yang tegap berjalan di rel kewirausahaan.

Wirausaha Muda Mandiri: Peluang Emas Menjadi Pemuda Inspirasi Bangsa

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Indonesia membutuhkan minimal 1,7 juta pengusaha muda untuk menggenapi 2% jumlah pengusaha dari 4% yang dibutuhkan untuk memenuhi standar bank dunia. Tentunya geliat merangsang perkembangan tersebut butuh dibantu banyak pihak. Melihat hal inilah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. melahirkan program terobosan bernama Program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang telah dirintis sejak tahun 2007, salah satu bentuk CSR perusahaan.

WMM merupakan program kompetisi, edukasi, sekaligus apresiasi untuk generasi muda yang sudah berani menjadi berwirausaha. Ya, menjadi wirausahawan memang dibutuhkan keberanian, jangan belum-belum memulai sudah takut dengan resiko. Adapun WMM menyusur pemuda sebagai fokusnya, selain memberi suntikan semangat yang luar biasa, pemuda dinilai punya energi yang masih sangat melimpah ruah dan idealisme tinggi. Ketika wirausahawan muda sukses, akan menginspirasi pemuda-pemuda lainnya untuk berani mengambil langkah yang sama. Cerita-cerita sukses seperti yang dialami oleh Denni Delyandri dan Selvi Nurlia yang merupakan pemenang kedua WMM tahun 2008 menginspirasi lainnya. Membayangkan memiliki omzet 20 milyar sebagai pengusaha keik pisang Villa Batam seperti kedua pengusaha muda itu memompa semangat berwirausaha.

Berikut mengenai WMM 2016 menurut Rohan Hafas yang merupakan Corporate Secretary Bank Mandiri, "Sesuai dengan tema pelaksaan WMM 2016 yaitu 'Muda, Inovatif, Peduli', kami ingin menjadikan WMM sebagai salah satu elemen penting dalam pembentukan ekosistem wirausaha yang kondusif untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda yang tangguh, visioner, inovatif, serta memiliki keinginan yang kuat untuk berkontribusi positif bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa."


Perbedaan WMM Tahun 2016

Pasti ada perbedaan dari penyelenggaraan WMM dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016 ini WMM pun hadir dengan format dan tema baru yang memfokuskan pada karya inovasi dalam usaha, inovatif, juga peduli.

Kenapa inovatif? Karena memperlihatkan kegigihan dalam menciptakan hal baru, misalnya dari masalah-masalah yang terjadi di masyarakat, dicari solusi kreatifnya. Saya pernah membaca bahwa di tangan pengusaha, masalah adalah potensi untuk berkarya. Inovatif ini juga disebut gigih karena tidak mudah berdiri sebagai perintis di tengah begitu banyak hal yang menggoda pengusaha untuk berdiri di sisi follower.
Kemudian, kenapa peduli? Kesuksesan tanpa diiringi kepedulian hanya menjadikan pengusaha sebagai kapitalis. Tetapi ketika usaha yang dijalankan juga diniatkan sebagai kontribusi positif bagi masyarakat luas, benefitnya akan jadi berlipat-lipat. Seorang pengusaha pernah berkata pada saya, saat usahanya hanya memikirkan diri sendiri, keuntungan yang dia dapat tidak sebesar ketika usahanya dipakai sebagai sosial untuk masyarakat. Itulah kekuatan dari kepedulian.

Wirausaha Muda Mandiri: Peluang Emas Menjadi Pemuda Inspirasi Bangsa

Lalu hal baru lainnya adalah adanya penambahan kategori, yaitu di bidang usaha teknologi. Bank Mandiri mengincar wirausaha muda di bidang pemanfaatan teknologi untuk layanan keuangan atau FinTech untuk mendapat kesempatan memperoleh program pembinaan dan pembiayaan bagi pengembangan bisnisnya melalui Mandiri Capital Indonesia. Karena perseroan optimis bahwa digital FinTech akan mendapat animo besar, melihat bertebarannya potensi industri jasa finansial yang melibatkan inovasi teknologi digital seperti penjualan pulsa dan pembayaran tagihan.
Sedangkan bidang usaha lainnya yang dikompetisikan adalah wirausaha Industri Perdagangan & Jasa, wiusaha Kreatif, wirausaha Boga, dan wirausaha Sosial.

Pendaftaran WMM

Kamu merasa sebagai wirausaha muda yang inovatif dan peduli? Berarti kamu harus ikutan ajang ini. Siapa tahu ternyata kamulah pemuda inspirasi bangsa itu. Total hadiahnya lebih dari 1 Milyar loh. Pendaftarannya tidak susah kok, dan gratis! Pendaftarannya sudah dimulai sejak 14 September lalu, dan akan ditutup pada 31 Desember 2026. Kamu bisa mendaftar ke WMM secara online melalui website-nya yaitu WMM. Kamu tinggal mengisi data diri dan data-data lainnya. Setelah itu kamu akan melalui 4 tahap penjurian di level wilayah maupun nasional. Informasi lengkat soal pendaftaran sampai pengumuman pemenangnya bisa kamu baca di website WMM dan akun twitter @wrausahamandiri 

Wirausaha Muda Mandiri: Peluang Emas Menjadi Pemuda Inspirasi Bangsa


Mari jadi bagian pemuda-pemudi wirausaha yang menginspirasi dan menularkan semangat berinovasi dan peduli membangun bangsa.

38 komentar:

  1. Yang sekarang lbh greget euy, acaranya diupdate tiap tahun. Selalu menarik dari jaman aku kuliah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Mereka terus mengembangkan acaranya ya ^^

      Hapus
  2. Usaha yang patut diacungi jempol dari pengusaha yang ikut memperhatikan masalah bangsa.
    Semoga dengan kegiatan WMM ini para pemuda/pemudi terbuka wawasannya dan berusaha membuka usaha sendiri dan memberikan peluang untuk mengatasi masalah pengangguran.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, Pak Dhe.
      Semoga makin banyak orang usia produktif bekerja layak

      Hapus
  3. Kalau melihat tempat aku kerja sekarang yang akhirnya menjadi korporasi besar, wirausaha atau usaha itu memang jangan hanya memikirkan diri sendiri, namun juga orang lain, bagaimana caranya bisa terus memajukan diri sendiri dan orang di sekitar. Aku rencana nya mau ajak ipar ikutan wmm ini. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga perusahaan tempat Dewi kerja istiqomah menjalankannya ^^

      Hapus
  4. Wah, semangat tuh, pendaftarannya nggak kerasa 30 hari lagi
    Tahun ini lebih inovatif dan peduli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,Mbak. Tahu-tahu udah kelewat aja pendaftarannya ^^

      Hapus
  5. Di jaman serba digital seperti skrg ini, pas banget kalo program WMM 2016 mengincar wirausaha muda di bidang tekno. Semoga sukses dan tepat sasaran ya, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.
      Potensinya super besar di bidang itu.

      Hapus
  6. Trend-nya semakin berubah ya, Mbak. Kalau saya kuliah dulu, trend masih seputar makanan. Beberapa tahun terakhir berkembang ke teknologi. Semangat!!! Aku pengen ikutan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi makanan mah sepanjang masa. Terus berjalan ^^

      Hapus
  7. Sepertinya aku harus ajak c bos ikutan wirausaha muda mandiri neh.

    BalasHapus
  8. Andai kesempatan ini datang 30 tahun lalu, saat usia saya usia menanjak dewasa, saya adalah orang pertama yang akan memanfaatkan kesempatan ini. Sayang kini masanya sudah lewat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi pasti banyak kesempatan untuk terus berkembang buat Pak Dian ^^

      Hapus
  9. Acara ini sangat menarik minatku, Va. Aku jadi pengen ajak teman-teman dekatku tuk segera legalkan usaha mereka agar dapat ikut acara ini tahun depan. TFS ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Tapi belum kesampaian buat ikut nih

      Hapus
  10. Semoga dengan WMM banyak menciptakan wirausaha mandiri yang konsisten :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, Vi.
      Kita kapaaan bisa ikutaaan?

      Hapus
  11. dari zaman kuliah selalu greget sama kegiatan ini tapi sampai sekarang masih juga blm ikutan

    BalasHapus
  12. Sayang jika melewatkan event WMM2016
    Dulu saya daftar tapi gak lolos

    BalasHapus
  13. Ayo semangat berwiraswasta...
    Aku baru tahu loh WMM ini. Hadiahnya menggiurkannn. perlu disebarkann

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneer banget, Jen. Hadiahnya bikin semangat ^^

      Hapus
  14. Generasi muda memang harusnya seperti itu, memperluas konektivitas, menciptakan Inovasi baru memulai untuk menciptakan usaha baru, dengan berwirausaha. Memulai itu memang agak susah, namun jika sudah terjun dan terbiasa akan lebih menyenangkan.

    Terima kasih teteh Eva atas Sharing informasi inspiratifnya ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu generasi muda paling bersemangat yang saya kenal itu ya kamu, Jang Ipan ^^

      Hapus
  15. Ternyata WMM itu udah ada sejak tahun 2007, yaa...
    Semoga tahun ini memberikan pengaruh yang sangat besar dan menumbuhkan banyak para Wirausaha Muda Mandiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usianya WMM udah unyu ternyata ya, Nuy.

      Hapus
  16. Masih ada kesempatan nih sampai tanggal 31 desember. Bookmark...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin malah pendaftarannya diperpanjang, Kang ^^

      Hapus
  17. Waktunya tinggal sebentar lagi... Andaikan saya dulu tau ada program semacam ini, tentu sudah daftar. Karena sempat punya usaha kecil2 an, yang sekarang sudah berhenti hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu hari Mbak Retno buka usaha lagi. Amiin.

      Hapus
  18. ayo daftar mbak :) semoga tahun depan bisa ikutan

    BalasHapus
  19. Baru tau program ini karena di buz temen" blogger yang keren" ini. Jadi lebih semangat bikin usaha. Semoga tahun depan bisa ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terwujud cita-citanya Nova. Amiin

      Hapus