#FUNancial,

Pengin Bikin Financial Goals Yang Kamu Mau Tercapai? Coba Cara Perencanaan FUNancial Ini Deh

22.15 Eva Sri Rahayu 17 Comments




Ada yang beda ketika saya menulis resolusi buat tahun 2020. Karena tahun depan saya yakin bakalan jadi tahun yang luar biasa! Seingat saya, sudah lama rasanya tidak mengalami sensasi ini, begitu jelas menentukan tujuan. Tahun depan, saya akan mulai menulis novel baru dengan tema yang sebelumnya tidak pernah saya pikirkan. Baru membayangkannya saja saya sudah bersemangat. Meskipun prosesnya akan sangat banyak menguras energi dan tentunya… butuh dana untuk riset. Karena beda dengan sebelumnya, kali ini risetnya akan membuat saya bepergian ke berbagai tempat. Belum lagi Rasi yang sudah mau naik kelas 6 SD, dari sekarang dana masuk SMP-nya mesti disiapkan. Pada akhirnya resolusi ini berujung juga menjadi financial goals.






Supaya resolusi terealisasi, saya butuh perencanaan keuangan yang matang. Tidak bisa lagi memakai cara pengelolaan suka-suka ala saya. Saat diperlukan, pas banget ilmu tentang perencanaan keuangannya datang dengan cara yang menyenangkan. Bersama teman-teman Indonesia Females Blogger, Sabtu, 7 Desember 2019 lalu saya mengikuti talkshow bertajuk “Startup Smart, Financial Tips for Turning Your Hobby into a Business” yang diadakan Home Credit Indonesia. Home Credit ini startup penyedia pembiayaan multiguna dan pembelian beraneka macam barang via online dan offline itu memang concern sama edukasi financial. Karena berbasis teknologi, jadi kita bisa mengaksesnya dengan mudah via aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store.



Acara yang mengusung #FUNancial #YangKamuMau ini memang beneran terasa fun! Kedua pembicara, yaitu Dipa Andika seorang Financial Planner and Co-Founder dari Hahaha Corp dan Mochamad Takdis pemilik Whatravel, menyampaikan materinya dengan seru dan mengalir.



Pengin Bikin Financial Goals Yang Kamu Mau Tercapai? Coba Cara Perencanaan FUNancial Ini Deh

Salah satu hal yang berat dari ngumpulin cuan adalah kerja di bidang yang enggak kita sukai. Gimana bisa semangat kalau belum-belum baru ngebayangin kerja aja hati udah ambyar karena terpaksa. Beda lagi ketika ngerjain hal yang memang kita sukai. Jam kerja padat dan panjang aja enggak akan kerasa. Jadi, kunci pertama mewujudkan financial goals menurut Takdis yaitu menjalankan bisnis berdasar hobi. Pengusaha travel satu ini memang punya hobi travelling. Dengan usaha travelnya, Takdis tetep bisa jalan-jalan tapi bukan lagi ngeluarin uang, tapi… dibayar! Nah, buat kamu yang saat ini berat banget ngejalanin kerjaan, coba inget-inget lagi hobimu. Di sana pasti ada jalan menuju bisnis. 




Tips kedua dari Takdis adalah punya partner. Keuntungan punya partner ini menurutnya ada yang ngingetin dalam segala hal. Bisa brainstorming buat menghasilkan ide-ide baru dalam menjalankan usaha. Jadi enggak pusing sendiri, dan ketika ada hal yang melenceng bakalan saling mengingatkan kembali ke tujuan awal. Dipa menambahkan, memang paling bener punya partner bisnis. Kenapa? Karena ketika ada sesuatu yang urgent atau kita lagi sakit, bisnisnya tetap bisa berjalan. Menurut Dipa, mindset kita mesti “berbagi atau ber-partner dengan orang lain untuk mendapat keuntungan lebih besar” jangan sampai “takut berbagi” karena takut rugi, kalau kita nge-share justru kita mendapat tambahan lagi. Mesti optimis, bukannya “kalau besok enggak ada pelanggan gimana?” justru “gimana kalau besok pelanggan banyak?” See… betapa pentingnya ber-partner. 

Ketika mendengarnya saya mengangguk-angguk mengiyakan. Tapi… catatan dari diri saya sendiri sih “Carilah partner yang benar-benar satu visi dan misi” karena partner yang enggak tepat justru malah memperunyam usaha. Itu sih pengalaman saya. Jadi mesti berhati-hati banget memilih partner.




Tips Membuat Impian Atau Financial Goals-mu Nyata dari Dipa Andika




Seberapa penting memang membuat impian jadi nyata? Menurut saya, penting banget karena impian biasanya merepresentasikan visi misi hidup yang kita tentukan sendiri. Kalau kata Dipa: Remember you only live once. But if you do it right, once is enough. Jleb banget ya quotes-nya.


Dipa Andika menjelaskan tentang tips perencanaan keuangan


Dipa membagi dua kategori orang berdasar mimpinya. Pertama, banyak mimpi. Kedua, enggak punya mimpi. Enggak aneh sih ketika ada orang yang bingung menentukan mimpinya. Soalnya dulu saya masuk kategori ini, hehe. Kenapa sih mimpi itu penting? Kata Dipa, “Mimpi sama dengan rencana.” Artinya kita mesti bikin perencanaan impian yang ujung-ujungnya jadi financial goals. Apa aja tips membuat impian atau financial goals-mu jadi nyata:


  1. Bikin catatan impian beserta detail kapan ingin digapainya. Berani menentukan waktu terwujudnya impian itu sangat memengaruhi financial goals, lho, gaess. Karena nilai uang itu berbeda tiap tahunnya, ada yang namanya penurunan nilai mata uang. Contohnya nih uang Rp500 dulu bisa beli es krim, sekarang uang segitu cukupnya beli sebiji gorengan—itu pun di banyak tempat harga gorengan udah Rp2000 buat 3 buah. Jadi, ketika kita sudah menentukan target waktu, kita bisa menghitung jumlah tabungan yang mesti kita siapkan.
 




2.  Mengurangi Latte Factors. Mikir nabung langsung pusing karena rasanya penghasilan udah pas-pasan banget, enggak ada deh celah buat nabung. Coba dirinci ulang pengeluarannya. Beneran enggak ada celah? Kebiasaan jajan camilan itu uangnya bisa buat ditabung, lho. Pengeluaran kecil-kecil yang enggak kerasa tapi sering itu disebutnya latte factors. Kalau dirinci, ternyata kebiasaan jajan cemilan per hari Rp5000 itu kalau dikali 30 hari bahkan setahun, nilainya jadi gede, lho. Jangan-jangan jumlahnya udah bisa buat ngewujudin salah satu liburan impianmu.

3. Kalau kamu buka usaha, selalu dokumentasikan semua hal yang berbau keuangan. Seperti kontrak, quotation, invoice, kwitansi, sampai bukti potong pajak. Dengan begitu kita bisa jelas melihat keuntungan usaha. Dan lagi kalau ada apa-apa dengan klien, kita punya buktinya. 

4. Bedakan antara rekening untuk usaha dengan rekening pribadi. Jangan sampai uang usaha kepakai untuk pribadi, begitu juga sebaliknya. Sebagai pengusaha atau kalau pun kamu freelancer, uang masuk kan enggak tentu tanggalnya, gaji dirimu di tanggal yang sama. Misalnya tanggal 25. Jadi track keuangan di rekeningmu jelas, ketika butuh mengajukan uang pinjaman, prosesnya jadi mudah.

5. Disiplin mencatat pengeluaran harian, bulanan, tahunan. Dengan pencatatn yang rapi itu kamu bisa menakar diri untuk target visible mencapai impian.




6. Selalu siapkan dana darurat. Di mana kamu bisa menyimpannya? Tabungan, deposito, reksadana pasar uang, dan emas. 

7. Punya basic asuransi, yaitu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Ketika sakit, kita enggak akan mengganggu tabungan buat impian, karena sudah dikover oleh asuransi kesehatan.

8. Enggak kalah pentingnya adalah punya investasi. Tujuan punya investasi itu apa aja? Bisa buat dana pensiun, sekolah anak, asset, liburan, dan lainnya. Kita bisa berinvestasi di deposito, properti, valas, emas, saham, atau reksadana. Awalnya saya selalu serem ngebayangin berapa uang yang dibutuhkan untuk investasi, tapi ternyata Rp10.000 juga bisa berinvestasi di reksadana. Dengan punya investasi, pemasukan kita jadi bertambah, artinya semakin cepat mewujudkan impian.
Bareng dengan para narasumber dan Indonesia Females Blogger
 
Tipsnya enggak bikin kepala pening, kan? Gampang banget diaplikasiin. Yuk, semangat nulis resolusi tahunannya. Dengan perencanaan keuangan yang matang, resolusi kita bisa terwujud.



You Might Also Like

17 komentar:

  1. Tips FUNancial nya mantul banget ya mau aku terapkan biar masa depan makin cerah ya. Aamiin... Hehehe

    BalasHapus
  2. Latte factor, salah satu yang mati matian sedang saya coba

    Tapi berat banget ya?

    BalasHapus
  3. acaranya keren banget yaa kemarin, saya banyak kesentilnya sih udah seumur segini masih belum disiplin mengatur keuangan :D

    BalasHapus
  4. Bener banget Va, punya partner emang harus sevisi, tapi itu ga mudah. Sama temen aja belum tentu searah ya apalagi sama orang lainn (seperti yang disarankan Dipa dan Takdis). Salut deh sama Takdis yang udah sukses dengan bisnisnya di usia muda

    BalasHapus
  5. Semoga resolusi untuk membuat novel barunya bisa segera terwujud ya, Teh
    Saya juga harus banyak yang perlu diperbaiki untuk mengelola keuangan dengan baik

    BalasHapus
  6. sama, aku juga klo dah ngomongin management keuangan ngedadak ngantuk mode on hahaha

    BalasHapus
  7. FUNancial a la Dipa ini keren banget. Kelihan mudah dan jadi semangat untuk mewujudkan impian. Salut juga buat Home Decor bisa bikin financial talk show seseru ini :))

    BalasHapus
  8. seneng deh aku kemarin tu teh dikasih tau cara ngitung dana darurat gratis hahaha :)

    BalasHapus
  9. mengelola keuangan kembali biar jadi lebih baik lagi kayaknya bakalan jadi resolusi 2020 ku nih teh, sepulang dari acara ini bener-bener terdorong buat mengelola keuangan biar nggak banyak bocor lagi

    BalasHapus
  10. Mulai jadi semangat investasi dari sekarang ga pake mikir panjang yang penting mulai dulu, alhamdulilah dapet ilmu keren di acara kemarin

    BalasHapus
  11. Saya belum kejer dana investasi, masi ngumpulin dana buat asuransi & darurat euy. Kerja masih harus lebih banyak lagi heuheu

    BalasHapus
  12. rasi udah gede aja yaaa, udah mau smp. gak kerasa ya teh!

    BalasHapus
  13. Nah iya banyak juga kan ya yang merasa takut rugi hire orang. Padahal mindsetnya salah, harusnya berpikir cari untung yang lebih besar lagi dengan berpartner.

    BalasHapus
  14. Huah teteh keren sangat nih semoga lancar ya pembuatan novelnya :) Rasi juga udah gede ya dan emang perlu dipersiapkan biaya sekolah yang kian mahil :D

    BalasHapus
  15. Huwaaaaa nggak berasa Rasi udah mau kelas 6 aja. Mendadak dia SMP. Ya ampun, terakhir ketemu pas 2014 dan itu masih digendong sama Teteh.

    Hump, sepertinya aku harus perhatiin lagi nih keuanganku. Jangan jangan karena keseringan jajan, jadi penyebab tabunganku susah nambah.

    Mana kalo ke mall, mampir jajan boba itu semacam kebahagiaan berujung jadi kebiasaan pulak. O ow.

    BalasHapus
  16. Gemes banget fotonya teh Evaa.. seneng banget belajar keuangan bisa semenyenangkan ini teh. Aku jadi semangat buat atur keuanganku biar financial goalsnya bisa tercapai tahun depan. Hehe.

    BalasHapus
  17. Catatan oleh2 dari acara ini mantul nih, Va. Detail dan sip banget!

    Yes, beruntung banget kita yabis hadir di acara sarat ilmu ini? Financial tipsnya bikin melek dan ingin seger mendisiplinkan diri agar tujuan finansial kita semakin mudah untuk diraih. 😊💞

    BalasHapus