Product,

5 Tips Menjadi Content Creator di Rumah

14.56 Eva Sri Rahayu 0 Comments

5 Tips Menjadi Content Creator di Rumah


Sejak kecil, saya punya ketertarikan besar pada buku dan film. Menjadi penulis, merupakan impian saya yang tidak pernah pudar, meskipun jarak kelahiran dari satu buku ke buku lain membutuhkan waktu lama. Dalam berproses, saya enggak kepengin setengah-setengah. Jadinya, mau enggak mau, saya berjuang dengan passionate meskipun butuh kesabaran. Beda lagi dengan impian saya menjadi sineas, beberapa kali ditampar kenyataan berhasil membuat saya memutuskan untuk mengubur saja impian itu. Namun, Semesta dengan caranya sendiri mengantarkan saya pada profesi yang tetap mengakomodir impian itu meski dengan cara lain. Jadilah saya menggeluti dunia content creator.

 

Mungkin, akhir-akhir ini dua kata “content creator” semakin sering kita dengar. Peminatnya semakin banyak. Wajar saja, dunia digital makin memelesat, mengajak kita untuk berkreasi dalam bentuk video, tulisan, gambar, maupun suara. Berbagai platform dan media social siap menjadi sarana publikasi karya kita. Kesempatan terbuka lebar. Kita enggak mesti lagi punya peralatan broadcast lengkap atau studio sendiri untuk menghasilkan video keren. Apalagi pandemi membuat kita semakin erat berhubungan dengan dunia digital. Karena itu, buatmu yang memiliki passion jadi content creator, enggak usah ragu melangkah. Mulai langkah pertamamu dengan berkarya dari rumah. Tapi, kalau masih bingung bagaimana menjalaninya, mungkin 5 tips menjadi content creator dari rumah ini bisa kamu praktikan.

1. Menulis Skrip Sederhana
Katanya, keberhasilan sesuatu itu 50% dari atas kertas atau sesi perencanaan. Skenario atau skrip merupakan tahapan awal untuk menuangkan ide kreatifmu. Agar videomu bercerita dengan alur yang baik, buatlah skrip sederhana. Enggak usah membayangkan menulis scenario yang lengkap seperti skenario film, kamu bisa membuat skrip sederhana berupa poin-poin alur video beserta hal-hal apa saja yang mau kamu sampaikan di setiap sesinya. Skrip ini enggak akan membuatmu jadi kaku, karena kamu tetap bebas berimprovisasi. Kadang, saat take video nanti, kamu terpikir ide segar untuk disisipkan. Eksekusi saja bila menambah kesegaran konten dan enggak melenceng dari esensi keseluruhan tema yang kamu angkat.

2. Naikan Kemampuan Public Speaking
Kalau kamu yang menjadi talent-nya, ada baiknya kamu terus berusaha meningkatkan kemampuan public speaking. Penyampaian materi yang lancar, mengalir, dan enggak terbata-bata membuat penontonmu lebih menikmatinya, dan tentunya pesan yang ingin kamu sampaikan akan mudah dicerna oleh mereka. Salah satu caranya adalah dengan banyak berlatih. Jangan malu bicara sendiri di depan kaca atau bahkan membuat sesi latihan khusus dengan mengulang kalimat-kalimat yang akan kamu rekam nantinya. Lama-lama, kamu akan terbiasa dan semakin lancar. Sampai sekarang saya masih terus belajar supaya lancar ngomong di depan kamera. Sebagai orang yang enggak percaya dirian dan cukup terintimidasi oleh karisma kamera, saya benar-benar pengin belajar public speaking ini.

3. Buat Studio Sederhana di Rumah
Membuat studio di rumah bukan berarti harus seperti studio broadcast di TV, lho. Kalau memang ada budget-nya sih oke-oke aja. Tapi bukan berarti dengan alat dan biaya seadanya kita enggak bisa bikin apa yang kita sebut studio tadi. Coba tonton video-video life hack, bikin semacam itulah. Peralatan yang mesti ada untuk membuat videomu sendiri adalah:

- Kamera, kamu bisa pilih yang terjangkau, apakah kamera khusus atau kamera dari ponsel.
- Tripod/gimbal, ini berguna sekali buat kamu yang membuat video sendiri tanpa bantuan siapa pun. Kalau enggak ada tripod, bisa memakai apa saja, missal menumpuk sesuatu agar kameranya diam dan stabil.
- Green/blue screen, kamu bisa memilih yang portable dengan harga minimalis atau bahkan mengecat satu dinding rumah dengan warna hijau atau biru. Ini berguna buatmu yang menginginkan konsep perubahan background digital.
- Lighting, bisa pilih antara lampu ruangan yang diseting terang atau bahkan dengan bantuan lampu belajar. Namun, kalau kamu punya budget tersendiri, kamu bisa membeli lighting sederhana. Intinya supaya kualitas gambarnya bagus, bagaimana caranya supaya mendapat tata cahaya yang baik. Pilihan lainnya adalah mengambil gambar di waktu-waktu sinar mataharinya pas, bisa di pagi hari atau sore hari. Semuanya bisa diakali kok.

Bikin studio sederhana di rumah dengan peralatan seadanya

4. Belajar Kemampuan Editing
Kemampuan editing wajib dimiliki olehmu yang bermain solo. Sudah banyak juga aplikasi editing praktis yang bis akita gunakan di ponsel. Kalau mau memanfaatkan pc atau laptop, kamu bisa belajar dari video-video tutorial yang mengajarkan step by step menggunakan software editing. Tonton berbagai film dan video content creator lain untuk mengasah taste editingmu, ya.

5. Investasi Pada Tubuh
Investasi pada tubuh bukan berarti kamu harus tampil wah. Misalnya memakai baju mahal bermerek atau perawat yang menguras dompet. Tapi bagaimana kita menghargai dan merawat tubuh sehingga kita sendiri nyaman di depan kamera. Tubuh yang terawat akan menambah kepercayaan diri kita. Ingat, standarnya bukan pada orang lain, tapi kenyamanan diri.

Nah, yang terakhir dan enggak kalah pentingnya adalah memakai jaringan internet yang full speed. Ini langkah terakhir agar karya kita bisa dinikmati publik. Video yang kamu buat sepenuh hati akan diunggah ke internet kan, dengan jaringan yang full speed selain menambah mood juga memperlancar pekerjaanmu. Kalau saya sih pakai provider Smartfren Unlimited yang jaringannya stabil dan kecepatannya tinggi. Plusnya lagi, Smartfren Unlimited ini punya benefit Extra Unlimited Malam Full Speed yang bisa digunakan mulai dari pukul 01.00 sampai 05.00. Jam-jam yang paling pas buat menggunggah video kita. Tinggal atur aja kapan jadwal tayangnya. Btw, paket Smartfren Unlimited ini berlaku buat semua aplikasi, enggak ada ceritanya pilih-pilih.

 


Saya coba ngecek kecepatan Smartfren Unlimited ini di malam hari, memang full speed. Tonton deh videonya.


Apa sih benefit lainnya dari Smartfren Unlimited ini? Selain bikin kamu internetan puas sampai pagi, ada bermacam promo juga. Cek aja ke http://bit.ly/sfunlimited atau unduh aplikasi MySmartfren di Playstore dan buat kamu pengguna Apple unduh di Appstore MySmartfren.

Semoga 5 tips tadi bisa membantumu mewujudkan impian jadi content creator dengan menjalankannya dari rumah, ya. Semangat!

 

You Might Also Like

0 komentar: