Product,

4 Tips Bikin Harimu di Rumah Kreatif dan Produktifnya Full Speed

05.54 Eva Sri Rahayu 0 Comments

 

4 Tips Bikin Harimu di Rumah Kreatif dan Produktifnya Full Speed

 

Hampir setahun ini kita familiar mendengar istilah work from home. Buat yang terbiasa kerja di kantor, kadang kesulitan membagi waktu kerja di rumah, beda dengan para freelancer yang sistem kerjanya terbiasa remote. Mungkin awalnya kaget-kaget. Loh, ternyata kerja di rumah dengan jam kerja sesuka hati enggak seindah dalam bayangan. Ada banyak hal yang bisa mendistraksi fokus dan kerjaan bisa-bisa malah terbengkalai. Boro-boro produktif, malah bawaannya pengin rebahan terus. Sebagai orang yang berkantor di rumah dan freelancer bertahun-tahun, saya kepengin berbagi tips. 


4 Tips Bikin Harimu di Rumah Kreatif dan Produktifnya Full Speed

Kerja di rumah membuat kita sendiri sebagai bosnya. Hal itu jelas membuat kita sendiri yang mampu mengatur kecepatan produktifitas kita. Mood naik turun karena banyak distraksi semacam anak yang pengin dibantuin ngerjain tugas atau berbagai pekerjaan domestik enggak boleh kita jadikan alibi.

1.    Buat List Target Harian
Supaya aktivitas kita terarah, baiknya kita buat list target harian. Semacam apa aja pekerjaan atau karya yang pengin kita selesaikan hari itu. Enggak usah banyak-banyak, sesuaikan dengan bobotnya. Kalau pekerjaannya membutuhkan tingkat fokus tinggi dan ekstra energi, cukup masukkan 1 sampai 2 hal saja ke dalam list pekerjaan atau karya. Lainnya bisa tulis pekerjaan domestik semisal memasak dan mencuci piring. Rumah yang bersih dan nyaman tentunya bikin mood berkreasi meningkat, kan.

2.    Rekreasi Sekaligus Mencari Inspirasi
Mencari inspirasi di rumah sangat memungkinkan, lho. Misalnya, buka tumpukkan buku yang sejak lama memanggil-manggil minta dibaca. Sesuaikan tema buku dengan inspirasi apa yang kamu butuhkan. Atau, bisa juga baca e-book di platform digital yang menyediakan buku-buku legal dengan harga terjangkau langganan bulanan. Main games dan nonton film juga enggak bisa dibilang sekadar rekreasi. Dua hal itu selain membuat otak kembali segar, juga memantik inspirasi. Kalau perlu, siapkan buku catatan saat main games dan nonton film, tulis ide apa saja yang muncul, ya. Artinya, saat bermain dan menonton, kita tetap menggunakan daya analisis atau pembacaan. Sehingga kamu makin kreatif dengan cara yang menyenangkan. Namun, waktu rekreasi  harus dibatasi, jangan sampai keasyikan sampai lupa berkarya.

3.    Olahraga dan Meditasi
Bekerja di rumah tetap butuh energi besar, karena itu daya tahan tubuh dan keseimbangan mental. Sehingga saat berkarya atau bekerja enggak gampang capek dan frustrasi menghadapi tantangan brief yang jelimet. Olahraga ringan aja sekitar 10-15 menit, lalu diakhiri dengan sesi meditasi yang bisa mengurai benang kusut di pikiran. Kalau bingung mau olahraga apa dan gimana memulai meditasi untuk pemula, kamu bisa tonton banyak tutorial di video-video yang tersebar di internet ya. Nantinya saat kembali bekerja kita bakalan full speed.

4.    Pakai Jaringan Internet yang Full Speed
Baca e-book, nonton film streaming, main games, sampai nonton tutorial semuanya berhubungan dengan internet. Kebayang kan kalua internetnya lambat? Yang tadinya niat menaikan mood dan nyari inspirasi malah bikin down. Belum lagi ketika harus balapan dengan deadline. Klien udah nungguin hasil kerja kita, tapi waktu mengunggah ke internet jaringannya naik turun. Bikin klien menunggu pastinya bikin kita enggak ngerasa nyaman. Untuk itu pakai jaringan internet yang full speed udah wajib banget.
Saya sendiri pakai provider Smartfren yang seringkali saya pakai di dua device, tapi… kecepatannya tetep full speed, lho! Padahal saya tinggal di daerah yang kiri kanannya masih daerah persawahan. Apalagi Smartfren punya paket Unlimited! Smartfren Unlimited ini memiliki benefit Extra Unlimited Malam Full Speed yang bisa digunakan mulai dari pukul 01.00 sampai 05.00. Cocok banget buat saya yang memang jam kerjanya di malam hari. Paket ini juga berlaku untuk semua aplikasi, enggak pilih-pilih.

Siapa nih yang kerjaannya content creator? Paket Extra Unlimited Malam Full Speed pas banget kamu pakai buat mengunggah video-videomu. Soal jadwal tayang sih enggak usah khawatir, kan bisa kita atur kapan munculnya video-video itu.


Btw, coba deh tonton video waktu saya ngecek kecepatan Smartfren di malam hari:


Pengin tahu benefit lainnya dari Smartfren Unlimited ini? Macam-macam promonya bisa kamu ketahui dari aplikasi MySmartfren di Playstore atau buat kamu pengguna Apple bisa unduh di Appstore MySmartfren. Atau, langsung aja mampir ke http://bit.ly/sfunlimited buat pengalaman internetan puas sampai pagi kayak yang aku alamin.



Itu dia 4 tips yang bisa bikin hari-harimu di rumah kreatif dan produktifnya full speed. Semoga bermanfaat, ya.

You Might Also Like

0 komentar: